Tuesday, June 18, 2013

Gowes "3 in 1" Trek 20 km Lido

3 in 1 di Trek Lido ? Ya, jalur kali ini RCC nyoba nyari trek yang ada jalur jalan rayanya, jalur berbatuan dan jalur tanah...YES! kami dapatkan ditrek gowes kali ini. Buat yang ingin mencoba bisa lihat di peta dibawah ini :
Trek 20km Lido

Jam 19.00 wib, Jumat malam kami menuju titik start di Lido Lakes Hotel, mampir dulu di Belanova, Sentul cari makan, habis makan lanjut ke tujuan. Perjalanan malam hari hanya membutuhkan waktu 1 jam dengan kondisi jalan padat merayap sejak lepas dari perapatan Ciawi, salah satu penyebabnya adalah sedang ada pengecoran jalan, selain itu walaupun sudah malam kendaraan yang mengarah ke Sukabumi masih cukup ramai. Jam 22.00wib kami sudah tiba di tujuan. Sebelum tidur kami berbincang-bincang dulu mengenai jalur yang akan dilalui besok. Dengan bantuan "mbah google" kami sudah menentukan rute. Lebih kurang 20km pp dengan info dari kontur pada peta yg akan dilalui, terlihat ada jalur lebih kurang 5 km diatas dataran tinggi (titik G s/d titik H pada peta).
Pagi hari, jam 06.00wib semua peserta gowes sudah mempersiapkan tunggangannya masing-masing. Peserta kali ini lumayan banyak sebab ada pendatang baru diantaranya Josh, Rony, Yani, dan Maman. Jumlah peserta semuanya ada 11 goweser, tujuh sisanya adalah Krisna-1, Cholil, Do2, Acan, Haryono, Lino dan Saya. Tepat jam 06.30wib kami sudah meninggalkan halaman hotel memasuki jalan Lido raya yang terbuat dari paving blok, ini mendukung "Go Green" sebab air dapat terserap disepanjang jalan ini. Salut buat Lido Lakes resort hehe... _\m/

Ayo siap-siap....
Giant siap-siap...

Specialize siap-siap...
Semangat gowes emang ga diragukan lagi dech...walaupun tidurnya diatas jam 12 malam, jam 6 pagi udah pada prepare sepeda :) chemungud! xixixi
Memang kita sepakat jam 06.30 udah start...setelah semua siap langsung 11 goweser ngacir keluar hotel melewati rute yang udah direncanakan (cuma) lewat mbah google map. hehe
Jalur didepan hotel kurang lebih 3 km terbuat dari paving blok, separuh gowes jalur paving blok, pas nengok kebelakang ternyata view gunung salak bikin kita semua berehenti mau ngambil foto.

Asli cuma mau ngambil foto gunung salak...xixixi
Setelah jalur paving blok, lebih kurang 100 m sebelum habis jalur ini kita berbelok kanan memasuki jalur aspal yang tidak terlalu lebar, boleh dibilang gang tapi kiri-kanannya hanya ada tanah kosong, sesuai rute yang sudah ditentukan. Jalur aspal ini ternyata jalan pintas dari jalan desa menuju Lido Hotel, setelah ketemu jalan desa kita berbelok kekanan menanjak sedikit setelah itu jalan menurun . Setelah jalan terus menurun, sepanjang 4 km kita ketemu pertigaan dan rute menunjukan kita harus berbelok kekiri. Kita sempat disapa oleh pengatur jalan "mau kemana ini, jalannya kekiri tanjakan...tapi ga apa-apa kalo mau, tantangan sih". tapi setelah kita lalui kekiri ternyata yang kita dapatkan jalan yang menurun sampai kita semua terlena sama jalan menurun yang sangat tajam dan lumayan panjang sampai-sampai kaget semua begitu sampai jembatan ternyata diseberang jembatan jalannya tanjakan curam, kita semua berpikir setelah turunan akan ketemu jalan landai tapi ternyata cuma turunan harapan palsu (istilah dari Do2 xixixi) dan hampir semua terlambat untuk pindah speed. Hanya Acan, Haryono dan Cholil yang sempet pindah speed dan terus ngacir di-tanjakan mual-mules kalo kata acan hahaha....saya sendiri juga tidak sempat pindah speed, cuma dapet seperempat jalur nanjak aja, sisanya dorooooong...kekekkk
Setelah tanjakan kita lanjut lagi dengan jalur landai, sampai ketemu pertigaan, kekanan arah cicurug, kekiri masuk jalan desa lagi. sesuai rute yang ditetapkan kita belok kekiri, dan berhenti disebuah rumah yang jual minuman, sayangnya cuma ada pocari tinggal 1 kaleng sama aqua 1 botol. lha? yang lain minum apa donk? akhirnya kita rayu si ibu pemilik rumah untuk minta bikinin teh manis dan si ibu dengan senang hati menyajikan teh manis 8 gelas...makasih ya bu hehehe.
Perjalanan baru menempuh 10 km dari target 20 km. setelah teh manis habis kita lanjut menuju jalan bebatuan, dan jalan tanah menuju area perkebunan cabai diatas bukit....

Jalur  tanah top of the hill
Punggung bukit yang kita lewati ini ternyata pemandangannya bagus banget, hutan terhampar dikanan bukit dan sisi kiri terhampar kebun petani yang tertata rapi...hampir semua peserta gowes cukup lama berhenti disini sebab memang viewnya luar biasa bagus, hijau dan didukung cuaca yang cerah pagi itu...hmm kayaknya bakal kesini lagi nih :)
Yang bikin kita lanjut gowes padahal masih betah mandangin view disini adalah pada ga tahan sama terik matahari pagi itu...takut kultinya pada gosong xixixi #alay
Baru aja lanjut gowes, eh terhalang jalan menanjak tapi ga rata sbb banyak alur tempat air turun dari atas..alhasil sepeda harus dituntun ke atas hehe...(bersambung)
Ini yang bikin betah
sepeda dituntun nanjak, jalur air